Tips Merawat dan Membersihkan Jeans

Meskipun jeans telah lama diciptakan, mereka baru menjadi bagian dari budaya kaum muda sejak pertengahan tahun 1950-an. Namun, saat ini celana jeans telah populer di semua kelompok usia. Alasan untuk popularitas ini adalah karena jeans sangat tahan lama dan nyaman. Popularitas ini juga karena fakta bahwa setelah memakai jeans dalam waktu cukup lama, jeans akan mengikuti bentuk tubuh pemakainya. Sebagian jeans juga tidak pernah ketinggalan mode dan dibeli untuk dikenakan selama bertahun-tahun, karenanya mereka harus dirawat dengan baik. Berikut adalah beberapa tips merawat dan membersihkan jeans Anda.

Jeans Unwashed dan Prewashed
Tips Merawat dan Membersihkan Jeans
Jeans unwashed
Karena popularitas jeans yang sangat besar, banyak varietas muncul di toko. Anda bisa mendapatkan jeans dalam berbagai warna dan nuansa, bahkan ada jeans putih, meskipun blue jeans masih merajai pasar.

Kebanyakan jeans terbuat dari kain denim yang terbuat dari anyaman rapat katun twill. Pada blue jeans, benang memanjang dicelup dengan warna biru atau nila, sedangkan benang horisontal berwarna putih. Benang dengan anyaman rapat membuat denin, kain bahan jeans, tahan lama dan memberikan tekstur yang nyaman. Jeans yang tersedia di toko-toko merupakan jeans unwashed atau prewashed.

Kunjungi laman ini untuk mengenal istilah-istilah jeans.

Tips Merawat dan Membersihkan Jeans
Jeans prewashed
Denim gelap unwashed merupakan yang terkuat dan paling tahan lama dan juga memberikan hasil yang paling personal. Namun jeans jenis ini jauh lebih kaku dibandingkan jeans prewashed. Orang-orang yang memiliki celana jeans unwashed memakainya untuk waktu yang sangat lama, hingga 6 bulan, untuk mempertahankan permukaan dan mencegah agar tidak menyusut.
Jeans denim prewashed juga disebut preshrunk atau jeans yang di-pres. Prewashing dilakukan dengan pemutihan atau melalui beberapa pengolahan mekanik seperti, sandblasting, stonewashing dan gesekan. Hampir semua celana jeans yang dijual saat ini merupakan jeans prewashed. Perlakuan prewashing memberi mereka tampilan usang dan style ini sangat populer.

Tips Mencuci Jeans
Hindari mencuci celana  jeans unwashed untuk waktu selama mungkin. Selama mereka kering, gelap dan kaku, mereka memiliki permukaan yang hampir-hampir seperti tahan air. Semakin lama Anda tidak mencucinya dan terus menggunakannya, Anda akan mendapatkan mereka jadi lebih indah. Bahkan jika ada bintik-bintik, jangan mencoba untuk membersihkan secara lokal karena akan menghapus warna indigo dan Anda akan memiliki spot putih tempat yang jelek.

Untuk mencuci jins, balik mereka sehingga bagian dalam ke luar guna mencegah mereka berkerut akibat mesin cuci. Gunakan hanya deterjen bubuk dan jangan gunakan pemutih. Setelah dicuci balik mereka kembali ke sisi normal dan bentangkan untuk mencegah efek tekanan. Mereka harus dikeringkan dengan menggantung dan tidak dilipat. Jika Anda ingin mempertahankan tampilan kering dan gelap Anda dapat memiliki mereka dibersihkan dengan dry cleaning karena teknik ini akan membersihkan kotoran dan mencegah jeans dari memudar.

Jeans prewashed lebih mudah untuk dirawat dan dibersihkan. Namun, bahkan jika jeans Anda prewashed, mereka masih bisa menyusut dan memudar, meskipun tidak seperti jeans unwashed. Untuk memastikan jeans Anda berumur panjang , Anda perlu mengambil tindakan tertentu. Selalu balik jeans Anda dengan bagian dalam ke luar sebelum dicuci. Jangan mencuci lebih dari 4 jins pada satu waktu di mesin cuci karena dapat memperlambat atau membuat kelebihan beban. Cuci jeans dalam air sedikit hangat dan jangan pernah gunakan pemutih.

Keringkan mereka di udara dengan menggantung mereka atau meletakkan mereka secara mendatar dan jangan pernah dilipat. Dry cleaning akan memperlambat jeans dari memudar. Jangan menggunakan bahan kimia untuk mencuci semua jenis jeans. Pastikan untuk mengikuti label produsen untuk perawatan dan instruksi mencuci. Jeans cenderung mengeluarkan warna setidaknya pada awal pencucian, jadi lebih baik untuk menghindari menempatkan pakaian lain bersama mereka di mesin cuci. Ini adalah beberapa tips merawat dan membersihkan jeans yang paling penting.

Untuk menghilangkan lumpur atau pasir yang dibawa dari kebun, rendam jeans dengan setengah ember air hangat dan biarkan selama sepuluh menit, jangan disikat di bawah air keran. Setelah lumpur dan pasir lepas, buang air kotor dan ambil setengah ember air hangat lagi dan campur deterjen ringan di dalamnya dan rendam jeans dan tinggalkan untuk beberapa waktu. Jika masih ada kotoran yang menempel, Anda dapat dengan lembut menggosok celana jeans menggunakan tangan.

Akhirnya bilas dengan air bersih dan biarkan kering di udara. Untuk pengeringan di udara, gantung mereka atau baringkan mendatar di tempat teduh. Jika Anda mengeringkan di bawah sinar matahari, pastikan jeans dijemur dalam posisi terbalik. Jika Anda sedang terburu-buru, Anda dapat mengeringkan di dryer dengan mode pengeringan rendah dan bawa keluar saat masih sedikit basah dan gantung sampai kering.

Jeans Putih
Sebagian orang memilih untuk mengenakan celana jeans putih dan atasan yang kontras, tetapi untuk menjaga mereka tetap putih, Anda harus mengambil beberapa tindakan perawatan. Sebelum mencoba untuk membersihkan mereka baca label produsen untuk petunjuk pencucian khusus.
Tips Merawat dan Membersihkan Jeans
Pastikan untuk tidak mencuci celana jeans putih bersama pakaian berwarna atau jeans lain. Jika Anda menggunakan deterjen yang mengandung pemutih, campur pada jumlah yang direkomendasikan dalam air di bak cuci dan rendam jeans putih selama beberapa jam atau semalam. Cuci jeans menggunakan mode pencucian normal. Jangan overbleach karena akan melemahkan kain. Jeans harus dibilas dua kali untuk memastikan semua alkali deterjen hilang. Residu alkali dari deterjen dan pelembut kain cenderung membuat warna jeans putih kuning saat dikeringkan. Pengeringan ekstrim dan suhu tinggi juga mengubah jeans jadi putih kekuningan.

Menyetrika Jeans
Meskipun menyetrika jeans tidak diperlukan jika mereka memiliki kualitas yang baik, beberapa orang lebih memilih untuk menyetrika jeans mereka sebelum memakainya. Anda harus mengatur suhu setrika sesuai jenis bahan jeans Anda. Namun sebagai aturan umum, lebih baik untuk menghindari suhu yang sangat tinggi.

Pastikan bahwa jeans Anda tidak terlalu basah karena akan mempengaruhi fitting jeans dan juga bisa merusak setrika. Sedikit kelemaban akan memberikan hasil terbaik. Tidak perlu untuk menyetrika jeans Anda dalam posisi terbalik.

Semua tips perawatan dan pembersihan dibahas di sini akan membantu Anda untuk menjaga penampilan dan daya tahan jeans favorit Anda.

0 comments:

Post a Comment

Komentar dimoderasi, kami menghormati komentar yang baik.